Proyek Transportasi Bus Mekah Untuk Jamaah Haji

Proyek Transportasi Bus Mekah Untuk Jamaah Haji –┬áMekah merupakan kota besar yang cukup padat terutama pada saat musim ibadah haji. Kendaraan yang paling dominan adalah mobil. Hanya jumlah sedikit yang menggunakan motor sebagai kendaraan pribadi.

 

Proyek Transportasi Bus Mekah Untuk Jamaah Haji

 

Angkutan umum yang sering digunakan biasanya bis besar seperti SAPTCO (perusahaan otobis), bus-bus kecil tigaperempat, mobil-mobil minibus seperti taxi dan hiace. Bagi saya, jurusan yang tertera di bus tidak kelihatan jelas karena hampir semuanya bertuliskan bahasa arab. Saya juga belum sempat menaiki bus trayek tersebut, karena dari maktab sampai ke masjidil haram cukup menaiki mobil-mobil kecil.

Pesona kota Mekah sebagai kota umat muslim di seluruh dunia memang tak diragukan lagi. Kini, Mekah tengah berbenah mengembangkan transportasi umum dan bersiap menjadi ‘Kota Pintar’ yang menarik bagi investor.

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi saat ini telah mengeluarkan perintah untuk pembangunan pada tahap pertama proyek transportasi bus Mekah untuk jamaah haji.

Penasihat Penjaga Dua Masjid Suci dan Amir Provinsi Mekah Pangeran Khaled Al-Faisal mengatakan proyek tersebut telah disetujui dan persilahkan untuk dimulai pembangunannya.

Menurutnya, proyek transportasi umum di kota suci Mekah tersebut sudah menjadi kebutuhan yang mendesak dan sangat dibutuhkan. Hal ini mengingat terus meningkatnya jumlah jamaah dan peziarah yang datang ke tanah suci Mekah baik untuk melaksanakan ibadah umrah maupun haji dari berbagai negara di seluruh dunia.

Juru bicara Amir Provinsi Mekah, Sultan Al-Dowsari pun menyatakan dari pihak kerajaan memang sudah menekankan agar segala produser mengenai pembangunan sarana transportasi Mekah seperti pembangunan terminal bus dan perluasaan atau pembuatan jalan baru segera diselesaikan.

Selama ini, rencana pembangunan sistem transportasi umum di kota Mekah dan tempat suci lainnya telah disusun secara cermat dan teliti melalui berbagai studi. Hal ini misalnya dengan mengkaji lebih dalam mengenai berbagai data mengenai arus lalu lintas pada masa terakhir ini. Tujuannya agar semua sistem multi transportasi di Mekah berada pada sebuah sitem yang saling berintegarasi melalui jaringan dan sarana transportasi umum.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *