Mengenal Lebih Jauh Tentang Travel Umroh

Travel Umrah selalu menjadi minat banyak orang yang belum pernah melakukannya atau yang sering. Seseorang perlu mengenal lebih jauh dengan mengetahui aktifitas apa saja yang terlibat.

 

travel umrah

 

Kegiatan travel umroh tentu saja sudah menjadi sesuatu yang umum dikalangan masyarakat muslim. Umroh merupakan suatu kegiatan ibadah yang memiliki tata cara pelaksanaan yang mudah yaitu dengan urut-urutan ihram, tawaf, sai, dan juga tahalul. Tentu saja tiap-tiap pelaksanaan tersebut memiliki pengertian yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Bagi mereka yang belum pernah menjalankan ibadah umroh, tentu saja mempelajari mengenai hal-hal tadi merupakan kewajiban yang utama.

Sebuah ibadah umroh bersifat wajib ain dimana setiap orang muslim yang memiliki kecukupan harta wajib melakukannya. Akan tetapi masih banyak orang yang belum paham secara menyeluruh mengenai manfaat apa saja yang bisa diperoleh dari ibadah tersebut. Beberapa manfaat diantaranya adalah untuk mendapatkan pahala yang setara dengan Jihad, menghilangkan dosa-dosa yang telah diperbuat, dan juga menghilangkan kefakiran. Selain manfaat-manfaat tadi, orang perlu memahami juga tentang manfaat secara pengetahuan. Dengan melakukan travel umroh, seseorang dapat mempelajari budaya dari Mekah dan juga sekitarnya.

 

Mengenal Aktifitas-Aktifitas Travel Umroh

  • Ihram

Ihram adalah salah satu kegiatan dalam ibadah umroh yang mana berkaitan dengan pakaian yang dikenakan dalam ibadah tersebut. Dalam melakukan aktifitas travel umroh, tentu saja pakaian yan dikenakan tidak boleh sembarangan. Yang dimaksud dengan pakaian Ihram adalah kain yang berwarna putih dan tanpa ada jahitan sama sekali. Dalam mengenakan pakaian tersebut harus dibarengi dengan niat umroh dan dilakukan pada Miqat. Pengetahuan lebih jauh tentang Ihram dapat diteliti dari bermacam sumber.

  • Tawaf

Jika Ihram adalah hal yang berkaitan dengan pakaian, maka tawaf adalah pelaksanaan kegiatan untuk berkeliling Ka’bah sebanyak 7 kali dan juga dibarengi dengan berdoa. Semua orang yang ingin menjalankan travel umroh perlu memahami hal tersebut. Seseorang takkan mengalami kesulitan dalam menjalani pelaksanaan Tawaf karena dapat mencontoh siapa saja yang melakukan kegiatan tersebut disana.

  • Sai

Sedangkan Sai adalah salah satu kegiatan dalam ibadah umroh dengan melakukan lari-lari kecil pada batas yang sudah ada serta berjalan diantara  bukit yaitu Bukit Shofa dan Bukit Marwah. Kegiatan tersebut perlu dilakukan sebanyak 7 kali.

  • Tahalul

Tahalul merupakan aktifitas dan juga kegiatan pada ibadah umroh yang berkaitan dengan rambut atau penampilan. Rambut harus dicukur sebagian atau juga bisa keseluruhan rambut. Proses pencukuran tersebut dapat menunjukkan atau sebagai indikator berakhirnya ibadah umroh itu sendiri. Dalam melaksanakan travel umrah, keseluruhan aktifitas seperti diatas harus dilakukan semua dan berurutan.

Di Indonesia, biasanya travel umrah dilakukan secara berjamaah dan menggunakan bantuan travel dan biro perjalanan. Mayoritas penduduk Indonesia adalah beragama Islam dan tiap tahunnya memberangkatkan banyak sekali jamaah Umroh. Meskipun sudah menjadi sebuah ibadah yang cukup umum, namun seseorang harus paham benar tentang pelaksanaan apa saja yang berkaitan seperti yang sudah disebutkan tadi diatas.

Persiapan Fisik Umroh 2015

Facebook Comments

Satu gagasan untuk “Mengenal Lebih Jauh Tentang Travel Umroh

  1. Ping-balik: Umroh Murah Bukan Murahan | Biro Umroh Haji ONH Plus Jakarta

Komentar ditutup.