Mempersiapkan Mental Haji dan Umroh

Haji & Umroh tentu saja merupakan ibadah yang amat ingin dicapai oleh semua orang muslim yang mampu namun dibutuhkan persiapan mental yang kuat.

haji & umroh

Baik itu ibadah haji maupun umroh, semua membutuhkan kesiapan yang matang dalam segala aspek. Selain dua hal penting seperti aspek biaya dan juga aspek fisik, satu hal lagi persiapan yang harus benar-benar dipertimbangkan dalah haji dan umroh adalah persiapan mental. Mental perlu dipersiapkan supaya dalam menjalani ibadah tersebut tidak muncul masalah-masalah emosi maupun jiwa yang labil. Terkadang budaya yang berbeda dan juga banyaknya antrian dalam melaksanakan bermacam aktifitas ibadah tersebut akan benar-benar mengganggu mental seseorang. Dengan demikian semua calon jemaah haji maupun umroh harus benar-benar tahu cara terbaik untuk mempersiapkan mental.

Meningkatkan Mental Untuk Haji dan Umroh

Dari sekian banyak calon jemaah haji dan umroh tentu hanya sedikit yang paham cara mempersiapkan mental sebelum menjalankan ibadah tersebut seperti dibawah ini.

  • Menjaga Niat

Salah satu kelemahan calon jemaah haji dan umroh dalam menjalankan ibadahnya adalah mengenai bagaimana menjaga niat supaya tetap lurus dan juga tetap. Umroh adalah suatu kegiatan ibadah sehingga seseorang harus benar-benar menjaga niat dan hati supaya beribadah dengan tujuan mendapat rida Allah SWT. Yang menjadi masalah adalah ketika seseorang yang menjalankan ibadah tersebut memiliki sifat ujub, riya, dan juga sombong sehingga pahala dalam menjalankan ibadah tersebut menjadi amat berkurang.

  • Memiliki Sifat Sabar dan Tawakkal

Selain harus menjaga niat, seseorang yang ingin menjalankan ibadah haji & umroh harus bisa melatih diri supaya menjadi pribadi yang tawakkal dan juga sabar. Disana calon jemaah akan bertemu bermacam orang yang berjubel dari seluruh penjuru dunia yang juga ingin melakukan ibadah tersebut. Bertemu dengan bermacam orang yang memiliki latar belakang berbeda seringkali akan membuat jengkel dan menguji kesabaran. Terlebih lagi bila kondisi cuaca amat buruk dan jauh dari keluarga. Jika kesabaran tidak dimiliki, emosi akan mudah terpancing dan berdampak buruk pada keseluruhan proses ibadah.

  • Memperbanyak Ibadah

Perjalanan ibadah haji dan umroh tentu juga harus dibarengi dengan bermacam ibadah-ibadah lain untuk mengingat Allah SWT. Ini juga merupakan salah satu cara penting untuk melatih dan meningkatkan kualitas mental seseorang. Tujuan melakukan hal tersebut adalah untuk membuat jiwa lebih bersih, pikiran lebih tenang, dan juga hati yang lebih lapang. Melatih mental dapat dilakukan dengan proses ibadah seperti istighfar, zikir, dan lain sebagainya.

 

Disamping harus melatih mental seperti poin-poin yang sudah dijelaskan diatas, calon jemaah haji dan umroh juga biasanya akan melakukan persiapan-persiapan teknis sebelum menjalankan ibadah tersebut. Beberapa persiapan teknis yang dibutuhkan adalah seperti melengkapi segala persyaratan administrasi, mengikuti segala manasik umroh, dan juga mempersiapkan semua kelengkapan umroh untuk packing atau pengemasan. Pada intinya, baik itu ibadah umroh maupun haji, semua harus dilakukan dengan benar.

 

 

 

Tawaran Biaya Haji 2015 ONH Plus

Satu gagasan untuk “Mempersiapkan Mental Haji dan Umroh

  1. Ping-balik: Estimasi Biaya Umroh

Komentar ditutup.