Biaya Visa Umroh Ramadhan mencapai 300 Dollar AS

Biaya visa umroh, Mendekati Ramadhan ini akan semakin meningkatnya umat Islam Indonesia yang melaksanakan Umroh Ramadhan ke Tanah Suci.

Sayangnya mereka terbebani biaya pembuatan visa umroh ramadhan yang harganya mencapai 300 dolar AS (Amerika Serikat), atau sekitar Rp3,9 juta (perkiraan kurs 1 dolar AS sama dengan Rp13.000 ) www.travelumrahhaji.com

 

Biaya Visa Umroh Ramadhan mencapai 300 Dollar AS

 

Pengurus Konsorsium Penyelenggaraan Umrah (Asosiasi Muslim Penyelenggara Umrah dan Haji) AMPUH Mahfudz Djaelani, di Jakarta

Biasa menjelang Umroh Ramadhan ini kenaikan pembuatan visa umrah naiknya hanya sampai 100 dolar AS, tapi sekarang mencapai 300 dolar AS, tutur Mahfudz.

Menurut dia, kenaikan biaya visa umrah ini karena ada permainan antara provider dari Arab Saudi dengan provider Indonesia.

Sebab yang saya ketahui biaya pembuatan visa umrah di Arab Saudi hanya 40 dolar AS, lalu provider Arab Saudi dijual kepada provider Indonesia harganya mencapai 60 dolar AS, papar Mahfudz.

Dikatakan dia, kenaikan menjelang Umroh Ramadhan biasanya hanya mencapai 100 dolar AS, tapi kini sudah mencapai 300 dolar AS.

Sebab itu, Kementerian Agama agar memanggil asosiasi penyelenggara umrah untuk mempertanyakan penyebab naiknya biaya pembuatan visa umrah ramadhan, papar Mahfudz.

Ia menjelaskan dengan adanya kenaikan umrah banyak calon jemaah umrah yang gagal berangkat ke Tanah Suci karena pihak penyelenggara umrah tidak mau  menomboki akibat adanya kenaikan pembuatan visa tersebut.

Mahfudz mengharapkan para asosiasi umrah di Indonesia agar bersatu, satu suara dalam menghadapi provider asing yang menjual visa dengan harga tinggi.

Selain itu, Kemenag juga harus memerintahkan kepada para asosiasi untuk mengharuskan para provider menjadi anggota dalam pengajuan biaya visa umroh harus ada rekomendasi dari asosiasi penyelenggara umrah.

Ia menambahkan meningkatkan umat Islam pergi umrah ramadhan pada bulan Ramadhan selain karena ingin menikmati ibadah di bulan Ramadhan di Tanah Suci, juga pertengahan Ramadhan pihak Kedutaan Besar Arab Saudi akan menutup pembuatan visa umrah, dan baru akan dikeluarkan visa umrah dua bulan setelah penyelenggaraan ibadah haji.

Paket Haji Ekonomis